Sabtu, 26 Januari 2013

TUTORIAL MIRROR FINISH 1







Hmmm... melihat golok di atas, pasti sebagian orang ada yang berpikir kalo golok tersebut di chrom,betul ngga ? Nah sebetulnya golok ini bisa kinclong seperti itu tidak di chrom tapi namanya di mirror finish ...sebetulnya saya juga baru tahu nama ini hehehe....
Ilmu mirror finish ini saya dapatkan dari beberapa master pisau ataupun golok yang sering wara - wiri di kaskus (imfaros,catros,uwaklah,kuliarang,ryan.... dll) maaf nih nama-namanya saya catut :D soalnya saya dapat ilmunya memang dari tread - tread yang selalu mereka isi ... saya sendiri tidak aktif di tread tersebut cuma jadi pembaca doang ... terima kasih buat semuanya ... terus ditambah ilmu dari mas pandan candrawan dari forum Indonesian Blade di Facebook ...dan hasil dari nyuri ilmu di YOUTUBE ....nah inilah tutorial pertama cara bikin golok atau pisau menjadi mirror finish 
Alat dan Bahan :
BAHAN : Jelas pisau atau golok dan yang saya jadikan bahan disini adalah golok butut ini

Alat :
Alat yang saya gunakan disini cukup sederhana yaitu amplas grit 400,600 dan 1000 ditambah dengan batu hijau dan kain jeans untuk poles ...
Ok kita mulai tutorialnya :
  • Bersihkan golok yang akan kita mirror finish dari segala macam kotoran seperti minyak,bekas daging(kalo dipake motong daging), tanah dan lain sebagainya  lalu keringkan jika membersihkannya pake air
  • Setelah bersih dari kotoran dan kering ... mulai dengan amplas grit 400 ... amplas terus sampai golok mulai berkilau ... untuk arah mengamplas memang saya tidak mendapatkan referensinya tetapi dari Youtube kebanyakan arah mengamplasnya dari pangkal ke ujung ... jadi saya juga lakukan seperti itu
         
Golok setelah diamplas dengan grit 400
  • Lanjutkan dengan amplas grit 600 ... nah pada grit ini kinclong golok mulai lebih jelas .... jika dirasa sudah cukup, maka lanjutkan dengan grit 1000

Grit 600
Grit 1000
  • Hati - hati pada saat mengamplas bagian tajam golok .... jangan sampai kita membuat golok atau pisau yang kita buat mirror finish menjadi tumpul .... jadi pada bagian ini arah sudut amplas harus mengikuti bagian tajam golok (percuma dong tampilan kinclong tapi goloknya tumpul)
  • Terakhir gosok dengan batu hijau sampai benar - benar kinclong

  • Nah sekian dulu tutorial mirror finish 1
  • Sebetulnya masih banyak kekurangan disini dan masih ada petunjuk - petunjuk dari para master yang belum saya praktekkan terutama petunjuk dari mas pandan ... yang sampai menggunakan amplas grit 2000 dan sabun cuci ...tapi untuk yang ini kita lanjutkan saja nanti di tutorial 2
  • Semoga bermanfaat :)


8 komentar:

  1. mantab gan, lanjutkan...
    lg bljr mengenal golok ni,...
    kebetulan ada yg bikin kinclong" gini, jd pengen praktek...
    di tunggu ya tutorial thp 2 nya

    BalasHapus
  2. Mantap sekali ilmunya..
    Segera praktek ah...

    BalasHapus
  3. Hatur nuhun pisan elmuna,manawi kagungan gagang bedog macan (kerbau)

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus